Laundry Kiloan – Memulai Bisnis

Memulai bisnis bagi pemula memang gampang-gampang susah. Bingung mau mulai dari mana. Itu juga yang saya alami 1 tahun lalu. Mau tanya, kok juga bingung tanya ke siapa. Untung saja, internet bisa jadi guru yang baik. Nah, biar itu tidak terjadi bagi siapa saja yang pengen punya bisnis Laundry Kiloan, semoga ini bisa sedikit membantu.

Lokasi. Lokasi adalah satu hal penting yang harus dipersiapkan sebelumnya. Yang paling representatif adalah lokasi disekitar kampus dan perumahan. Walau disekitar lokasi tersebut sudah berdiri beberapa laundry, jangan takut, karena masing-masing kita pasti punya rejeki sendiri yang sudah diatur. Logikanya, kita lihat saja kapasitas tampung setiap tempat laundry dan kira-kira kebutuhan jasa ini di sekitar lokasi.

Peralatan. Peralatan yang dibutuhkan adalah Timbangan, bisa digunakan timbangan buah, dengan harga Rp. 40.000,-. Mesin cuci, mesin cuci yang ada dipasaran banyak ragam dan mutunya, rata-rata hanya beda tipis. Yang musti kita perhatikan adalah kualitas (ketahanan pakai) dan power listrik yang digunakan, biar ngirit. Yang mungkin bisa jadi pilihan adalah merek Samsung, LG front loading. Jika mau yang murah, beli yang RPM-nya 80 saja. Karena semakin tinggi RPM, harga dan power listrik yang terpakai semakin tinggi. Tapi, RPM rendah artinya kita musti butuh matahari untuk mengeringkannya. Mesin pengering, yang menjadi masalah bagi pemula, biasanya kebutuhan listrik untuk sebuah mesin pengering. Karena umumnya, mesin pengering yang ada di toko-toko membutuhkan listrik minimal 2000 watt. Namun kini ada beberapa tempat yang sudah dapat memodifikasi alat pengeringnya sendiri dengan power hanya sekitar 600 – 900 watt. Atau bisa dicoba keluaran Akari, dengan harga Rp. 475.000, listrik yang dibutuhkan 900 watt, kapasitas 20 ptg baju. Tag gun beserta isinya, gunanya untuk memberi nama pada pakaian. Alat ini bisa di beli di toko alat tulis. Harganya berkisar Rp. 17.000 – Rp 30.000, tergantung pada kualitas. Yang murah, biasanya cepet banget rusak. Seterika listrik, lemari untuk memajang pakaian yang telah selesai dilaundry, plastik pembungkus, nota dan label nama (yang ditempel pada bungkus plastik laundry konsumen). Brosur dan tentu saja sabun cuci. Untuk sabun cuci, carilah sabun dengan kualitas bagus harga murah. Bisa di dapat dengan harga Rp 9500/kg, di wilayah Yogya bisa menghubungi 0274-385451, Samarinda 085820549188 atau 05417033369. Jakarta dan sekitarnya 021-82613588 atau 02171019689.

Mesin Pengering Akari

Mesin Pengering Akari

Operasional. Buatlah Prosedur tetap:

  • Pencucian pakaian mulai dari takaran sabun, pewangi, pengendalian kepemilikan baju, pembungkusan.
  • Pencucian boneka, bedcover, pakaian dengan spesial treatment (Jas, gaun).

Training lebih dulu karyawan anda, terlebih dalam pengenalan jenis kain, takaran penggunaan sabun dll, cara menghindari tertukarnya pakaian konsumen. Walau setiap pakaian sudah kita beri nama, kadang bila tidak jeli, pakaian tetap saja dapat tertukar. Karenanya, setiap konsumen yang masuk jumlah pakaian harus dicantumkan.

Nah, silakan memulai bisnis ini..dan mulailah dari sekarang.

197 Comments

Filed under Bisnis

197 responses to “Laundry Kiloan – Memulai Bisnis

  1. lilik

    ada gak supplier sabun cuci di jakarta? saya coba kontak supplier sabun cuci yang tertera di atas ternyata sudah tidak menjual sabun cuci untuk laundry.

    Thank’s, lilik (jakarta timur)

  2. Maaf baru bisa buka email.
    Mungkin Ibu bisa menghubungi produsennya langsung.
    PT. Songo Geni Maju
    Jl. Mercedes 38 Wanaherang
    Gunung Putri Bogor
    Telp 021 8671065 – 78
    Fax 021 8671775
    Email sudasido@cbn.net.id

    Gud Luck..

    • Ms. Khanan domisili saya di daerah kendal.1. saya ingin mohon informasi alamat agen sabun beserta pewangi serta pelembut yang terdekat didaerah saya?klo bisa saya alamat lengkap juga nomor hp yg XL. 2. bagaiman juga pendapat anda tentang pengeringan yg menggunakan mesin pengering elextrolux?apakah mesin itu boros untuk usaha laundray pemula?atas jawabannya saya ucapkan terima kasih.salam sukses.

      • Halo Munir
        sabun daerah kendal saya gk punya info. tapi coba hubungi Bpk Chandra Wandoyo (Sumber Berkat)
        0281-6841247 / 081903178375
        Perumahan Purwosari Indah, Jl. Kalpataru V
        No.1 Purwokerto- Jawa Tengah.
        Mesin pengering elextrolux gk boros..asal dipake kalo pas butuh aja. Misal karena hujan atau overload. karena kalo tempat masih mungkin buat minta bantuan panas matahari pan bisa ngirit operasional.

  3. kerman

    tolog jenis sabunnya

    thx

  4. Sabun curah, khusus untuk mesin matik dan bukan matik.
    Seperti deterjen kebanyakan. Sedangkan produk yang di Samarinda, nomer telepon di atas, jenisnya liquid. Tapi kelebihannya, sudah bercampur dengan pewangi.
    Sabun yang diproduksi oleh PT SGM di atas, memakai merek Motto. Perusahaan ini juga memproduksi deterjen untuk retail2 modern.

  5. bagaiamana dengan resiko jika terjadi kerusajan atau kelunturan

    • Dear Mas Sugeng,
      Resiko kerusakan dan kelunturan adalah salah satu poin “CATATAN” yang harus diperhatikan pelanggan yang bukan merupakan tanggung jawab kita dikarena sifat pakaian. (Karena tidak mungkin kita dapat mengecek satu persatu pakaian yang datang.)
      Catatan lain yang harus dicantumkan di nota adalah claim kehilangan berlaku 1×24 jam, setelah dari waktu tersebut, claim tidak dapat diajukan. (Jangan lupa untuk menghitung jumlah pakaian di hadapan pelanggan (walau service kita kiloan) hal tersebut untuk memperkecil resiko claim kehilangan.
      Semoga membantu.

  6. Widi

    Assalam..,langsung ja y ku mw tanya dimana ak bisa beli pewangi/parfum untuk laundry? tolong kasih tau suppliernya yang ada di jakarta?,kalau bisa kasih tau nomor telpnya jg y..thanx b4

    • Dear Widi..
      Untuk pewangi laundry, Widi bisa hubungi PT SGM yang ada di atas. Tanyakan alamat agennya pada mereka.
      Kalo PT SGM yang memproduksi deterjen dll.

    • songgo harjo

      slm ..mba, saya ada detergent cair matik khusus tuk laundry kiloan dan
      satuan . harga 5.500/liter. parf paris laundry gold 25.000/liter 0856 5989 5441 / 0821 1256 6882

    • hubungi TeknoClean, 021-7311101, sedia pewangi FLASH buatan Jogya yg sudah kondang sekali. Pewangi yang tahan lama dan disukai

  7. Anastasia

    Dear Khanan, boleh tolong kirimkan info no telp & alamat untuk membeli mesin pengering akari 900 watt yg 475rb itu ke vaiochan@gmail.com atau secret1689@yahoo.com! Saya akan sangat terbantu sekali! Thanks beratt yaa!!! -Anastasia-

    • Dear Anastasia,
      Gambar mesin pengering mungkin bisa kamu liat di tulisan di atas.
      Kalo di Yogya kamu bisa beli di GeFo, Galeri Elektronik. Gejayan. Telp 0274-7471299. Munkin sekarang harganya jadi 450 ribu. Cepet aja. Karena kadang suka habis barangnya.

  8. Anastasia

    Dear Khanan, Thanks beratt for the info, tp mungkin kamu ada info untuk yg di Jakarta? karena posisi saya ada di Jakarta! Thanks beratt yaa!!

  9. khanan

    Dear Anastasia.
    Maaf aku blom punya data untuk toko yang menjual pengering itu di Jakarta. Kenapa tidak pesan aja di toko yang aku sebutin. Biaya kirim mungkin hanya 35 ribu via TIKI.

  10. yusuf

    Dear Khanan,
    Saya juga punya usaha laundry kiloan di Solo, bbrp waktu lalu juga bingung cr mesin pengering, krn mesin pengering yg di jual di pasaran pemakaian watt nya s/d 2300 watt.
    Begitu baca blognya mas Khanan, ada mesin pengering Akari jadi tertarik untuk membelinya.
    Bisa info tepatnya di sebelah mana mas toko Gefo nya?

  11. Dear Mas Yusuf,
    Kalo dari Solo, lewat ring road. Ntar kalo sudah ketemu perempatan gejayan. Mas Yusuf ambil jalan yang ke kanan atau ke utara. Gak jauh dari perempatan itu di timur jalan (sebelah kanan) sudah keliatan deh tokonya.
    Sukses buat mas Yusuf..

  12. ida

    dear ka2
    Klo mo bli sabun ma pewanginya dmn??ad tmnku yg pny laundry,tp dy bikin pewangi sdri.ktnya lbh wangi n murah.thx m ika

  13. yusuf

    Dear Mas Khanan,

    Thank Mas Khanan, Saya sudah membeli mesin pengering Akari di Gefo Jogja, dapet harga 425ribu. Lain kali kalau ke Jogja lagi, akan nambah beli 1 unit lagi. Lumayan simpel alatnya, murah dan daya kerja nda kalah dengan mesin pengering yang harganya selangit.
    Untuk mesin cuci di Gefo juga lumayan murah harganya, mungkin lain kali saya akan beli mesin cuci di Gefo aja

  14. Ardy

    Tuk Mas Khanan, apakah mesin pengering merk akari tsb bisa kering 100% seperti mesin pengering model front loading? Mgkin ada toko yg jual pengering tsb di Malang atau Surabaya? terima kasih

    • Dear Ardy,
      Sebelum lebih banyak lagi yang panggil mas.. Di revisi dulu.. saya bukan cowok. .hehe
      Tentang mesin Akari, bisa aja kering 100% kok mas. Tergantung dengan jumlah dan jenis yang mas keringkan.
      Kalo kebanyakan jadi gak maksimal keringnya, karena mesin ini menyemburkan hawa panas dari sisi bawah doang.
      Toko yang jual di Malang apa Surabaya? Hehe, maaf..saya gak punya info kalo itu. Mas Ardi titip saya aja ntar saya kirim (Kalo saya gak sibuk tapi..). Ato langsung hubungi ke nomer telp toko yang di atas, ntar transfer sekalian ongkos kirim.
      Gimana?
      Gud luck..

      • Reni

        Dear khanaan..
        Aq akan buka usaha laundry dlm wkt dekat,jenis mesin cuci apa ya minimalnya kita punya?
        Trus apa ada toko yg mjual pewangi dan deterjen yg ada dismg.tq

      • Dear Reni,

        Sip kalo kamu mau buka usaha ini.. Untuk jenis mesin cuci minimal, biar kamu gak ribet mending skalian yang otomatis dan frontloader, karena nyucinya lebih sip. Nah, kalo masalah merk, itu tergantung kamu cintanya ma merk apa. Tapi saranku sih yang listriknya irit..seperti Samsung (350watt) atau LG (400watt). Samsung dan LG sama2 paling diminati karena harga juga gak mahal2 amat..untuk yang 7kg skr kemgkinan hanya sekitar 3-4jt aja..(dulu aku beli gak nyampe 3jt). Samsung memang lebih irit tapi getarnya lebih kerasa dibanding LG. So..kamu putusin sendiri mana yang lebih menguntungkan. Harga juga beda2 tipis kok.
        Untuk deterjen.. coba hubungi nomer ini teguhsahari 081325706005, semoga bisa membantumu.
        Gud luck and keep the faith!

  15. tri

    dear khanan,

    minta pendapat dong, aku di kendal baru akan mencari peluang untuk bisnis laundry..untuk perhitungan dasar upah tenaga kerja bagaimana ya sebaik-nya?

    thanks

    • Dear Tri..
      Perhitungan dasar upah tenaga kerja? Nah ini dia. Gak gampang juga gak mudah.
      Saya tidak tau kalo di Kendal. Tapi saya kasih gambaran yang enak aja yah.
      Gaji Pokok : Gaji pokok yang fix (ini gunanya jika kita kasih THR yang kita bayar hanya gaji pokoknya dan bukan total gaji..hehe)
      Transport/makan : Rp 5000/day x total kehadiran (ini untuk merangsang pegawai rajin masuk saban hari. nilainya juga terserah anda ya..Rp 5000 hanya contoh)
      Bonus/lembur : Bonus dari target kilo per hari jika lebih dari target, beri mereka 20%dari lebih target atau nilainya terserah anda. Lembur jika mereka bekerja melebihi waktu (8 jam kerja) total waktu lembur x 20% dari uang makan/transport.

      Contoh :
      Nama : Xxxx
      Bulan : Maret

      Gaji Pokok : Rp. 300.000
      Transport/Makan : Rp. 125.000 (25 hari kerja x Rp 5000)
      Bonus/Lembur : Rp. 5.000 (5 jam lembur x Rp 1000)
      Total Gaji : Rp. 430.000

      Semoga bisa membantu…
      Gud Luck and keep The faith!

  16. camilla

    Dear khanan,
    saya mau nanya itu mesin pengering akari berapa menit uda bs kering??

  17. Ardy

    Dear Khanan

    Hari ini adalah hari kedua saya buka laundry yg lokasinya cukup ramai didaerah kampus yg banyak kos2annya dan cukup banyak laundry yg sudah jalan dan ramai pelanggannya, tetapi kok tempat saya belum dikunjungi konsumen ya? pelanggan baru sebatas teman dekat. Gmn caranya untuk menarik konsumen? atas sarannya terima kasih.

  18. Dear Ardy,
    Dulu aku juga ngalamin itu kok. Sebagai pendatang baru, jelas kita harus punya senjata untuk membedakan dengan tempat lain. So, kalo bisa jangan sampe sama paling gak 1 aja yang bisa mbedain. Misalnya jenis pewanginya. Nah, untuk mendatangkan orang kamu bisa bikin kupon.
    Kupon potongan harga atau kupon gratis cuci…nah, bagikan deh. Trus kalo mereka udah datang, ikat lagi dengan kupon lain. Gratis cuci x kilo bila mereka sudah mencuci skian kali atau skian kilo.
    Btw usaha itu paling asik kalo ada halangannya dan kita mampu keluar..rasanya jadi nikmaaaat banget..keringat serasa manis! hehehe… Ok Ardy, Gud luck ya..and ingat, keep the faith!

  19. melda

    Dear Khanan,
    aku tertarik untuk membuka bisnis laundry dalam waktu dekat ini tapi aku sama sekali ga punya pengalaman dalam bidang ini.Bisa minta saran hal-hal apa aja yang harus dilakukan sebelum memulai usaha ini mulai dari peralatannya seperti mesin apa yang bagus untuk laundry kiloan, sabun dan pewangi merk apa yang tahan lama dll. Mohon petunjuk dan sarannya ya. Terima kasih sebelumnya

    • Dear Melda,
      Buat bisnis ini gak musti butuh pengalaman kok, saya dulu juga begitu.
      Kalo kamu baca tulisan saya di atas kayaknya ada jenis peralatan yang musti kamu siapin untuk memulai bisnis ini.
      (Nota, flyers, Mesin cuci, mesin pengering-bila perlu, hanger, meja kasir, setrika, meja setrika, tag gun-untuk menandai pakaian, ATK, lemari penyimpanan-seperti loker-untuk meletakkan pakaian yang sudah disetrika, plastik pembungkus-plastik 7kg/10kg, deterjen dan pewangi bisa dibaca di tulisan di atas)
      Silakan kamu baca lagi tulisan saya di atas. Ntar kalo ada yang belum ngerti silakan tanyakan lagi.
      Keep the faith!

  20. haris

    laundry mbak dimna to? boleh gak maen nanya2? ak jg pgn buka laundry tp gak ada knalan

  21. genta

    Dear Jeng Khanan,
    Saya baru buka laundry kira2 1 bulanan, saya ada pertanyaan, mohon dijawab : Bagaimana cara agar pakaian wangi ala laundry (selama ini saya semprotkan pewangi saat nyetrika, waktu nyuci juga dikasih, tapi kayaknya tetep gak wangi2 amat. thx

    • Dear Genta..

      Maaf, baru ada waktu buka halaman ini.
      Pewangi? Silakan hubungi alamat di yogya yang saya tulis di tulisan saya. Saya jamin dah. Wanginya akan bertahan lama. Sebenarnya saya mau aja bantu kirim. Tapi sekarang posisi saya sudah tidak di Yogya. Btw kalo mau murah pesennya sekalian aja banyak so biaya kirim gak berat.
      Thats all. Gud luck Genta..

      • genta

        1.posisi saya di Tanjung Kalimantan Selatan. bisa gak ya kirim pewanginya dari Samarinda?trus harganya berapa?
        2. saya lagi cari mesin cuci 10 kiloan keatas, kira2 merk apa yg murah dan bagus, harga kisaran berapa?
        makasih

  22. elly

    Dear Khanan,
    Terima kasih atas tulisan mengenai Loundry kiloan. Anak saya tertarik pada business ini cuma masih ragu dan bingung cara memulainya. Mau tanya ya Khan, Berapa mesin cuci yang harus disiapkan dan satu orang tenaga kerja untuk berapa mesin cuci? Bagaimana cara pembagian kerjanya? Untuk di Pekanbaru dimana ya beli mesin pengering, sabun & pewangi? Skali lagi terima kasih.

    • Dear Ibu Elly..

      Terima kasih juga sudah mampir ke blog saya. Maaf saya baru ada waktu membalasnya sekarang. Semoga masih bisa membantu.
      Untuk awal, jika memang lokasi Ibu menguntungkan (misal dekat dengan kos-kosan) Ibu bisa memulainya dengan 2 mesin cuci. Biar pencucian lebih efektif, satu mesin dan yang lain bisa saling menggantikan pengerjaannya. Untuk 2 mesin tersebut, 1 org pekerja saja saya rasa sudah cukup karena mesin cuci otomatis (front loader atau tdk) tidak memerlukan pengawasan ketat, tinggal pencet mesin bisa ditinggal untuk mengerjakan yang lain.
      Untuk Pekanbaru, mungkin Ibu bisa minta informasi di service central Akari yang bisa ditanyakan di toko elektronik terbesar di Pekanbaru.
      Untuk sabun dan pewangi, saya tidak punya informasi untuk kota Ibu. Bila biaya operasional menutup, Ibu bisa pesan di kota terdekat atau Yogya. Ups.. maaf.. ini saya baru dapat info, silakan Ibu hubungi Tn. Lius di 07617660986 – Jl. Setia Budhi Pekanbaru
      Demikian, semoga dapat membantu. Gud luck Ibu

  23. ardzip

    mohon dibantu, plastik yang cocok untuk pembungkus pakaian yang sudah disetrika, kok rasanya yang harga murah tetapi pas untuk 5kg-an dan rapi dimana ya belinya?

    • Dear Ardzip,

      Maaf ya, baru bisa membalas nih.
      Plastik? Kamu di kota mana ya? Kalo di Yogya aku bisa kasih tau. Tapi umumnya, untuk plastik kamu bisa cari di toko2 yang khusus jual plastik dan bahan pembuat roti (kalo di Yogya, tokonya kebnayakan begitu, jual bahan pembuat roti dan semua barang plastik) Ukurannya macam2, 5kg untuk baju hingga 3kg,plastik 10 kg untuk baju di atas 5kg, juga ada yang besar (maaf ukurannya saya lupa) untuk plastik pembungkus bed cover, juga dapat digunakan untuk plastik pembungkus jas (ujungnya dipotong dulu buat hangger). Untuk kerapian pembungkusan, bukan tergantung jenis plastiknya (yang tipis saja gpp buat ngirit operasional, gak usah yang tebel2 amat) tapi saat membungkusnya, usahakan kencang dan gunakan isolasi saja kalo sraples gak bisa kenceng soalnya..
      Oret Ardzip? semoga puas dengan jawabanku yak.
      Keep the faith!

  24. tatik

    Numpang promo, jeng….Yang di Yogya, sy salah satu dealer MOtto, di daerah Pugeran , Condongcatur. Yg berminat menggunakan produk motto silahkan hub/sms ke 085292060530 Dijamin produk motto …kualitas tinggi dengan harga murah…ramah lingkungan lagi….

  25. IMAM RUSTANDI

    asw, mau tanya kalo mau mulai usaha loundry, kira-kira berapa besar modal (uang) yang minimal mesti kita siapkan mbak????tolong bener ya, aku sangat tertarik bisnis ini….

    • Dear Imam..

      Maaf ya baru bisa balas.
      Total nilai rupiahnya sih tiap kota gak sama yah.. Apalagi tergantung dengan biaya yang harus dikeluarkan untuk kontrak tempat uasaha dan (mungkin) penambahan listrik. Tapi kalo cuma rata2 sih sekitar 30 – 50 jt. Thus kalo kamu gak perlu ngontrak tempat kamu bisa lebih irit lagi kok. Coba kamu hitung dengan menjumlah nilai barang yang perlu disiapkan yang ada di tulisanku..(tapi harga dinaikin dulu yah, karena sekarang harga pasti sudah pada naik) plus ditambahin juga nilai lain2 (biaya tak terduga) 10-20%. Mungkin nilainya bisa kurang dari 30jt. Selamat berhitung yah.
      Gud luck Imam…

  26. fenfen

    Mau tanya di mana yah bisa dapatkan pembelian nota untuk laundry dan plastik untuk membungkus pakaian yg sudah selesai di laundry.. trima kasih..

    • Dear Fenfen,

      Maaf ya Fen, aku baru bisa balas nih..
      Nota untuk laundry biar laundry mu terlihat bonafid, mending kamu pesan dipercetakan..Gunakan kertas NCR dengan 2 lampiran jadi total ada 3 sheet tiap lembarnya (yang depan sendiri buat pelanggan, yang kedua buat kamu lampirkan di pakaian, yang lembar ketiga untuk database kamu) – Saat mengambil, pelanggan harus membawa nota yang kamu berikan lho ya, jika mereka lupa membawanya, kamu ambil nota yang kamu lampirkan di pakaiannya.
      Kalo kamu di Yogya, kamu bisa pesan nota di Emagi dengan Mas Eko 0818261500. Murah dan rapi. Lagian item2 apa saja yang kudu ada di nota, dia udah tau.
      Untuk plastik, seperti yang sudah aku jawab di pertanyaan Ardzip di atas. Plastik bisa kamu beli di toko yang khusus menjual plastik, biasnyanya kalo di Yogya toko ini juga menjual bahan2 pembuat roti. Cari saja plastik yang murah (tipis) karena saat membungkus pakaian, sip tidaknya plastik tidak akan terlihat jika membungkusnya rapi dan kencang.
      Ok Fen, semoga kamu puas dengan jawabanku yah. Gud luck

  27. Dear Khanan,
    ak tertarik banget buat buka laundry kiloan dan sekarang sedang persiapan.
    dan ak juga ingin mesing pengering akari itu tapi kenapa no telpnya GeFo ga bisa dihubungi ya? ada no lain yang bisa dihubungi ga?
    terima kasih.

    • Dear Nieta,

      Aku cuma punya nomer itu Niet. Atau kamu cari di toko Dorita Elektronik di Jogonegaran 41-43 Yogya. Aku juga pernah beli di tempat ini. Telpnya 0274-515033 atau 0274 561662.
      GBU and gud luck!

      • dear khanan,
        thanks bgt ya atas infonya ak udh coba telp ke dorita.. tapi kok skrg harganya mahal ya.. hehe.. 600rb. dan disana juga ga bisa dikirim kejakarta.. jadi harus ambil sendiri kesana..
        bingung nih khanan.. soale ak mau buka laundry kecil2an dulu jadi modalnya yo mepet.. hee..
        trus kamu ada info ga untuk mesin cuci yang digunakan katanya kan kalo electrolux lebih awet ya.. tapi mungkin ak mau pakai LG aja yang front door.. kamu bisa saranin typenya ga ya.. yang listriknya juga irit tapi bagus..
        sebelumnya makasih banyak ya khanan..
        Thq

      • Dear Nieta,

        Iya, Dorita biasanya kasih penawaran harga segitu. Coba kamu tawar aja. Dulu aku juga gitu. Langsung aja aku bilang, “bukannya 400rb?” hehehe. Coba lagi deh ditawar. Nah, kalo pengiriman ni..seandai aku masih di Yogya sih bisa aja tuh bantu ngirim. Aku di Manado skr.
        Utk mesin cuci, iya..Lux emang lebih mantap, tapi harganya juga mantap..mantap tinggi. Aku saranin Samsung aja deh, listriknya paling irit. Yang tipe aduh, lupa..pokoknya yang 7kg harganya terakhir sih 3,9jt. Kalo mau sip lagi, yang satu lagi mesinnya yang 12kg, emang harganya lmyn lebih tinggi tapi dengan mesin ini kamu bisa terima pencucian bed cover yang ukuran gede, horden dll yang lebih berat. Ini yang juga lmyn nambah2 pemasukan, karena harga gak termasuk kiloan. (Kiloan hanya pakaian saja).
        Gimana Niet? Keep he faith yak!

      • Dear Khanan,
        Ohh.. Jd skrg dah pulang kampung nih…? he.. iya abisnya tadi ak tanya harganya dia blg segitu trus ak juga msh blm jelas soal barangnya spt apa sih? tadi ak tanya katanya kaya model lemari plastik ya..?
        aduh.. gmn nih semuanya masih serba bingung.. bikin nota, spanduk, renov tempat, dsb. kalo nota ak liat dari pengalaman ak suka ngelaundry ketempat org.. tapi masih bingung juga..
        khanan ada contoh nota & flyer ga? untuk promosinya gitu… hee..
        oh ya ada fb ga? add ya.. anita_cki@yahoo.com
        Makasih banyak loh ya..
        tapi maaf kalo cerewet.. he..

      • Dear Nieta,
        Gk kok gk cerewet..hehe. Malu bertanya kan sesat di jalan yak.
        Nota? Hmm.. contohnya ada di Yogya dan Samarinda. Gak aku bawa ke Manado. Aku bukan org Manado kok, org Samarinda. Ke Manado karena pindah kerja aja.
        Ntar yah, aku tanyakan ama yang bua di Yogya, dia pasti masih punya desainnya.
        Btw, gak usah bingung. Buat aja dulu time schedule. Apa2 yang musti disiapin dan dikasih tanggal deadline-nya…ngurangi bingung pasti.
        Oret, keep the faith yak!

      • Dear Khanan,
        Alhamd. nih ak udh dpt pengering di GeFo kmrn coba ditelp lagi bisa.. dpt harga 450rb.
        Oh ya khanan, kalo detergent moto pakainya berapa gram untuk 1kg cucian ya.. ak masih bingung… hee..
        makacih ya..

      • Dear Nieta,
        Syukur deh kalo sudah dapat.
        Untuk deterjen, apapun mereknya…pakai takaran deterjen yg biasa ada di dalam deterejen attact, sendok kecil itu. Nah, untuk 1 takaran itu untuk pakaian 3kg.
        Terimakasih kembali…

  28. farid

    salam kenal…
    saya jg baru mulai untuk nyoba bisnis laundry kecil2an di solo. kl utk deterjen dan pewangi yg di solo ada gak ya? penginnya sih yang murah2 aja tp kualitas bagus he..he (moga2 aja ada) mohon pencerahannya. trims….

    • Dear Farid..
      Salam kenal juga..
      Solo yang aku tau rata2 harga perkilo sabun Rp 9000 an/kg itu juga dari Semarang bisa hubungi 085225093775/085225639090. Kalo Yogya, bermacam kualitas dan harga, kamu bisa jajakin dulu untuk masalah pengiriman. Karena yang di Yogya ni bisa delivery asal minim 10kg. Mungkin bisa mereka delivery ke travel trua travel tinggal bawa ke alamatmu di solo. Asal kamu dah ngomong dulu ke travelnya. Kalo yang di Yogya harga bisa Rp 6000/kg asal minimal 20kg. Kualitas yaaa..emang sedikit dibawah yang mahal sih..tapi bersih juga kok. Disesuaikan aja dengan harga cuci per kilo di Solo. Karena info prnjualan deterjen di Solo aku blom dapat. Nah, kalo minat yang di Yogya kamu bisa telp 0274-6807200. Tentang pewangi..aku blom dapat pengganti yang pewangi yang sebagus di Yogya. Hubungi aja nomer yang ada di tulisanku itu.
      Semoga bisa membantu memberi pencerahan yah..hehe
      Keep The Faith and Gud luck Farid.

  29. cindy

    bila ada yang butuh detergen untuk spooting kerah baju tanpa disikat bisa hub saya..cukup 1 sendok makan di campur 200ml air, lalu oleskan pakai kuas ke kerah baju…hasilnya seperti di sikat…hub: 085692471234 atau 92471234 maaf sms no replay

  30. janah

    aku mau tanya klo kita buka laundryan rumahan, masih perlu pengering yah… klo mesin cuci yg langsung bisa kering ngga ada yah…? ada ngga pengering yg cepat, aku ada rencana sih buka ditmpt bekas wartel ku cuma yg sistemnya bisa langsung dibawa pulang mksdnya cuciannya bisa ditunggu hanya dalam waktu beberapa menit ajah, tanpa distrika yah… ada saran/masukan ngga buat aku… makasih yah… sebelumnya….

    • Dear Janah,
      Maaf ya..baru bisa balas. Sibuk banget di kantor.
      Mesin cuci tiap merk mengeluarkan berbagai seri. Seri itu menunjukkan kapasitas dan kemampuan kering. Jika lokasimu tdk memadai untuk jemuran, kamu dapat memilih 2 pilihan: mesin cuci dengan seri tertentu (100% kering) atau membeli mesin pengering. Yang perlu dicermati, kedua produk ini menggunakan listrik sangat tinggi. Mesin cucinya sih gak tinggi saat mencuci, tapi begitu memasuki proses kering permintaan akan listrik sama dengan mesin pengering minimal 2000watt. Jadi ya kamu kudu siap minim 3500-an watt untuk mesin cuci minimal 2, setrika dll. Proses penyetrikaan tetap dibutuhkan walau menggunakan mesin cuci 100% kering, karena setrika bertujuan merapikan pakaian bukan mengeringkan.

      Semoga bisa membantu. Keep the faith!

  31. zuli restu

    dear khanan,
    q mo nanya agen grosir plastik loundy yang murah di jogja dimana sih? alamat dan no tlpnya berapa? makasih…….

    • Dear Zuli..
      Di Yogya banyak Zul agen2 plastik laundry.
      Di jalan tamsis, di pasar kranggan malah ada 2. Jalan mataram sebelum perempatan melia kiri jalan ada. Trus di seberang pasar demangan ada. Tapi maaf, gak punya nomer telpnya.. soalnya aku skr gak tinggal di Yogya lagi. Aku cuma masih punya satu nih Megasari Jl. Gejayan 15B 0271-7425989.
      Gud luck Zuli..

  32. septian

    maaf mba..mau tanya..tertarik juga,,klo misal mau buka usaha ini,,harus tau juga tentang perlakuan ke bahan2 baju g?? misal nya kalau dari katun harus ada perlakuan khusus bagaimana,dll..
    trus cuma punya mesin cuci,misalnya punya 2 yang front loading..masih haruskah membeli mesin pengering?

    terimakasih..

    • Dear Septian,
      Yak tul. Perlakuan bahan2 itu berbeda. Tapi, kalo kita laundry kiloan memperlakukan masing2 bahan berbeda biaya produksi akan membengkak. Jadi, untuk menghindari komplain, kamu hanya membedakan pakaian berbahan tipis (yang jelas2 gak mungkin masuk mesin cuci) dan pakaian putih saja dari pakaian kotor pelanggan. Mesin pengering gak harus punya kok. Karena itu dia, kebutuhan listrik tinggi…2000watt. Mending minta bantuan matahari atau angin saja cukup kok. Berabe kalo musin hujan doang. Tapi itu bisa disiasati juga, kita pake satu kamar dengan diberi penerangan dan kipas angin..well, lumayan membantu lho..
      Dan..2 mesin cuci front loading sudah sangat cukup Septian, silakan memulai usahamu.
      Gud luck!

  33. Nisa Rahimia

    hai khanan (tdnya aq juga mikir ini cowok), hehehe,
    aku mau re-open laundry-ku lg. tentunya dengan manajemen baru ;)
    nah, aku browsing google tentang laundry dan nemuin tulisan kamu. tertarik dengan mesin pengering akari itu. dulu aku stay di yk juga dan sekarang uda move ke kalimantan.
    khanan, menurut kamu, bisa bantu compare ga untuk mesin cuci? karena aku ngrasain ndiri, justru pake yg front loading dibandingkan dengan yg mesin cuci manual (2 wadah: pencuci dan pengering), aku ngerasa lebih bersih yg manual ini. selain itu, yg front loading juga boros aer, bu…
    Bisa bantu kasi masukan aku supaya makin mantab ni ngejalanin bisnisnya ;)
    Thx ya…

    • Dear Nisa..
      Kamu kalimantan mana? aku juga asli kalimantan.. skr juga udah gak di yogya pindah ke manado tapi..hehe
      Begini, mesin cuci manual menurut saya lebih boros, karena yang ngisi air kan kita sendiri, kita hanya mengira ngira bahkan justru pakain berapa banyak pun airnya tetap takaran sama. Tapi kalo mesin otomatis, bisa menakar secara otomatis kebutuhan ir yang dibutuhkan..dan kerjaan lebih hemat waktu dan tenaga. Kalo pake manual pan kudu membilas dengan dua ember air juga biar hasil maksimal (biar pakaian tidak berbau)…capeknya tambah kan? Mesin otomatis diciptakan kan dengan pertimbangan-pertimbangan oleh produsennya..logikanya begitu.
      Oret Nisa.. gud luck yaaa…

  34. mifta

    Dear mba khanan,

    saya mau coba usaha laundry, mohon informasinya
    1. bisa ya pakai timbangan buah, saya fikir harus pakai timbangan digital?
    2. mba punya informasi untuk toko yang jual sabun cuci dan pewangi di batam?
    3. saya masih mau mulai bisnis, baru punya 1 mesin cuci samsung yg auto, cukup gag ya?
    mohon dibantu, terima kasih.

    • Dear Mifta,
      1. Iya, timbangannya pake timbangan buah aja yang maksimal 20kg, dimodifikasi pake keranjang di atasnya.
      2. Deterjen dan pengharum di Batam? coba hubungi MR. DIDIK 081991091090.
      3. Sudah, sudah cukup 1 mesin cuci auto. Pengeringan minta bantuan matahari saja. Tinggal memikirkan ruangan penampung jika hujan atau Mifta bisa mengusahakan tempat jemuran yang beratap agar gak repot kalo hujan.

      Gud luck and Keep the faith!

  35. Dian

    gne mb q mo nanya,,,lok bk laundry tp pk mesin yang sharp hrg 1,8 jtan gmn? zus listriklok cm 1300w ckpg ya?tlg dibantu y mb
    thx bgt

    • Dear Dian,

      Laundry itu kan bisa diartikan tempat cuci pakaian kan? Nah, jadi ide dasarnya adalah mengembalikan pakaian kotor menjadi pakaian bersih. Jadi gak usah takut dengan proses atau pralatan yang dipakai, kamu bisa memakai apapun asal itu pakaian kembali seperti semula. Demikian juga dengan listrik, semakin sedikit listrik yang dipake kan malah beban biaya produksi lebih dikit juga. Dulu..tahun awal 90an, blom ngetrend laundry kloan, laundry di Yogya malah pake dan ngetrend juga.
      Jadi, yang Dian tanya itu kalo saya yang jawab pasti sudah cukup.. Setelah melakukan itu, Dian akan lebih berpengalaman dengan sendirinya, apalagi berkenaan tentang efisiensi dsb…
      Oret, ud luck yah.. and keep the faith

  36. astrie

    Dear Khanan…
    Saya tertarik memulai usaha laundry ini. Bisa minta tolong dinfokan ke email sy:
    1. Peraturan utk pelanggan agar pelanggan puas & kta tdk rugi
    2. No. tlp atau alamat tempat membeli sabun & pewangi
    3. No. tlp atau alamat tempat membeli Nota
    masalahnya…tempat sy saat musim kemarau airnya agak telat…jd kalau untuk memakai mesin cuci otomatis sy mesti mikir2 dl…
    Tolong d kasih masukkan y..sekiranya msh ada yg kurang.. Makasih..

    • Dear Astrie..

      Astrie.. untuk peraturan biasanya dibuat oleh masing2 tempat usaha. Masalah SOP (Standard Operational Procedure) biasanya juga masing2 tempat membuatnya sendiri, karena itu seperti salah satu resep atau bumbu rahasia mereka. Kalo mau buat pelanggan puas, jelas jangan sampe mengecewakan mereka, bagaimana caranya? contoh kecil saja..jangan membuat pakaian putih mereka berubah warna.
      Astrie ada di kota mana? Yogya juga? Kalo Yogya, kamu baca tulisan saya kan sudah ada tuh nomer telp sabun dan pewangi.. Kalo nota, kamu bisa baca di jawaban komen2 sebelumnya deh.. saya juga pernah kasih nomer telp nya.
      Btw kalo kalo air telat, kamu bikin penampungan air aja.. karena mesin otomatis sangat membutuhkan aliran air yang arusnya juga gak berubah. Tapi kalo itu dirasa memberatkan ya gunakan aja dulu mesin manual…

      • astrie

        wow…cepet bgt responnya..thanks y…sayang y..sy agak telat baca blog ini..krn sebagian alat2 yg dibutuhkan sdh kebeli..hiks..gpp d…drpd ga baca sama sekali…
        Ok…mb…gud luck jg..y..

  37. astrie

    dear khanan….
    klo untuk menghilangkan noda karat di baju pakai apa y?

    thanks…

    • kha

      Dear Astrie…

      Untuk menghilangkan noda, ada bahan kimia yang juga dijual di pejual sabun dan pewangi itu. Tapi aku kasih resep nih..gunakan jeruk nipis deh..ini resep from my mom..
      Gud luck Astrie…

  38. mifta

    mba kanan,

    mohon dibantu, saya lagi cari mesin pengering yang akari itu dimna ya dijual,
    saya ditawarin yang merk whirpool itu harganya nyampe 16juta,

    saya mifta di batam
    terimaksih

  39. septian

    moga mba khanan masih sering OL..mba ak pengen tanya kira2 brp biaya variabel per bulan untuk barang2 yang ak sebutin di bwah..soalnya udah ak itung2 koq malah g untung,,hehee..mksih mba..tnya teori dulu ini…
    Plastik
    Detergen dan Pewangi
    Nota
    Biaya Listrik
    Biaya Air

    • Dear Septian,
      Maap yaa.. agak lama balas ni.
      Kamu di kota mana ya? Kalo Yogya berikut : (tapi maap..karena aku skr gak di yogya, jadi harga so lupa)
      Plastik 100 exp Rp 17.000 (plastik 10kg muat berapa baju ya..lupa, kalo gak salah ya sampe 15an deh)
      Detergen 1 kg Rp 7000 – Rp 9500 (ada pilihannya) 1 takaran detergen untuk 2-3 kg baju
      Nota 50 buku @ 50lembar Rp 200.000
      Listrik … ini gak bisa diperkirakan karena tergantung berapa watt yang terpasang dan penggunaan
      Air…idem ma di atas. (kalo aku sih, air pake listrik dan aku pake 2200 watt tiap bulan inc pemakaian keperluan rumah Rp 250.000

      Kalo minimal kamu bisa ngerjain 50kg aja.. kamu pasti untung. Kalo kurang dari itu ya kudu berusaha bikin promo biar biaya produksi masuk.
      Oret? Gud luck then..

      • septian

        gpp mba..makasih..ak di solo mba..mungkin g beda jauh sama jogja..jadi kasih harga mba waktu di jogja aj gpp..
        berarti rata-rata untuk listrik dan air 250rb ya mba?ak cuma untuk perkiraan aja..
        kalo pewangi nya gimana mba?
        af ya mba..mungkin bakal tanya2 lagi..terimakasih.

      • septian

        Bahan Baku
        Tag Pin 1 box (500pcs) 75,000
        Label Laundry 100,000
        Plastik Laundry 100,000
        Detergen dan Pewangi 600,000
        Isi Ulang Tabung Gas 140,000
        ATK 150,000
        Nota 200,000
        Biaya Transport 150,000
        Biaya Listrik 300,000
        Biaya Air 200,000
        Biaya Gaji Pegawai 1,000,000
        Biaya Telepon 200,000
        Biaya Maintenace 200,000

        mba ini perkiraanku untuk biaya variabel per bulan..ya kira2 untuk rata2 40kg baju per bulan..menurut mba,mana yang kelebihan/kurang..dan apa kira2 apa lagi yang kurang dalam keperluan per bulan..hehehe..maf ya mba..nanya mulu…

      • Dear Septian,

        Itu biaya gaji… kok 1jt? 2 org? gak 1 org dulu aja An?
        Trus tag pin, label..gak kudu 1 bln sekali deh.

      • septian

        ok mba..makasih.tapi untuk biaya listrik, air n deterjen+pewangi..?itu kebanyakan apa cukup..mksih..

      • Dear Septian,

        Itu listrik sendiri, air sendiri kan? maksdunya air PAM kan? gak pake pompa.. Kalo iya, aku gak tau. Soalnya aku listrik Rp 250 ribu aja udah pake pompa dan pake buat rumah, jadi menurutku kebesaran tuh yang perkiraan punyamu..

  40. rita vinolita

    dear… khanan lam kenal… bisnisnya ocreeey, visi misi o.k… sukses selalu…. saya baru rencana mau bisnis ini tapi banyak pertimbangan-pertimbanga . kalaubisa tolong di guruin trik-triknya? Heee he he… rahasia kali ya? tapi kalau bisa…. dan resiko hal terburuk gimana cara ngatasinnya? misalnya kalau pakaian konsumen ada yg rusak/ hilang? apa itu mungkin? mengenai mesin cuci dan pengering yang murah & bandel.. apa ada saran? thanks so much

    • Dear Rita,
      Amiin, tengkyuuuu… u too yak.
      Untuk menangani pakaian rusak atau hilang (karena ini gak mungkin kalo gak terjadi). Hadapi dengan kepala dingin tentunya, itu yang pertama. Harus ditelusuri dulu apakah kesalahan memang ada pada kita, karena ternyata rata2 kebanyakan karena keteledoran konsumen untuk pakaian rusak dan kesalahan karyawan kita saat memberikan kepada pelanggan, menandai atau saat packing.
      1. saat menerima pakaian kotor, selalu tanyakan pakaian yang sensitif (bahan halus yang rentan dengan mesin) dan pakaian yang luntur. Jika dijawab tidak ada, dan nyatanya ada yang rusak, kesalahan bukan pada kita kan?
      2. untuk pakaian yang hilang, mintalah pelanggan untuk membawa semua pakaian yang baru diambil beserta notanya. Hitung bersama pakaian yang telah diterima sesuai tidak dengan yang tertulis di nota (ingat yah, emang sih sistem kiloan tapi biasakan saat menerima pakaian kotor dihitung jumlahnya (kalo bisa di depan pelanggan dan cantumkan pada nota). Kalo sesuai, ya bukan salah kita kan? mereka aja yang suka gak ingat kalo yang dicuci ya cuma itu. Tapi kalo ternyata jumlahnya berbeda, jawab dulu dengan diplomasi..garis besarnya bilang mungkin blom masuk, besok kalo ketemu dtelp (ingat juga selalu mencantumkan nomer telp peanggan di nota). Nah, tinggal ditelusiri deh, caranya siapa saja pelanggan yang mencuci pada hari yang sama, 1 hari sebelum dan sesudah dari pelanggan yang kehilangan itu. Karena biasanya ya itu tadi, waktu menyetrika, karyawan kita blom menghitung. harusnya dihitung dulu jumlahnya, kalo udah sama dengan di nota baru di setrika. Bisa juga karena terlalu banyak, baju pelanggan A ditandai dengan nomer pelanggan B (yah, tertukar gitu deh). Kalo sudah ketemu problemnya, pasti itu baju kembali kok.. Jika terikut dengan pelanggan lain, tinggal ditelp dan dikonfirmasi (tapi dengan kalimat diplomasi yaaa…hehe).

      Begitu Rita, semoga bisa membantu… dan segeralah memulainya. keep the faith and gud luck!

  41. Endro

    Mbak Khanan,

    kebetulan kami sekeluarga adalah salah satu pengguna setia jasa laundry kiloan. jangankan bepergian, di rumah saja kami bahkan langganan bulanan. selain menghemat tenanga, juga menghemat biaya dan sekaligus menunjang kegiatan usaha ini kan? (horeeee)

    Mbak Khanan kan sekarang di Manado. Kebetulan kami akan pindah juga ke Manado. Masih buka usaha ini? Dimana? Minta alamat & nomor teleponnya ya mbak.

    terima kasih dan salam

    • Dear Endro…
      Hehehe..sorry, aku dah di Jakarta skr. Tapi waktu di Manado aku gak buka Laundry, karena susah pasang listrik dan listrik di sana suka padam.
      Doakan dalam waktu dekat saya maen ke Manado yah, ntar kita bisa ketemu. Kalo saya dulu seringnya laundry di jalan Kartini, belakang BCA. Namanya lupaa…hehe

      Sampai ketemu di Manado ya Endro…

  42. DEWITRI

    HI…MBAK,q di tgr ni, tks banget atas infonya. cuma sampe saat ni kendala cuaca masih tetap no 1. selain akari ada info pengering murah n hemat listrik gak mbak? bagi info dunk.trus grosir sabun, pewangi dan bahan kimia lain di smd dmn mbak???. tks infonysa……

    • Dear Dewitri…
      Memang cuaca jadi kendala utama. Untuk mensiasatinya bila musim hujan,kamu harus sediakan 1 ruang khusus dengan satu ventilasi. diapkan 1 kipas angin dan pasanglah satu lampu dengan watt besar di ruang itu. Alat pengering yang watt nya kecil selain Akari ada 1600 watt, electrolux…
      Untk agen sabun di samarinda telp aja Super Laundry 081328285488. Kalo pewangi dan bahan kimia lain..mungkin bisa ditanyakan langsung ke situ deh.
      Gud luck.

  43. Betty Gobel

    Hallo Mbak Khanan…salam kenal. Jadi skarg sdh d mdo ? kebetulan aku jg d mdo rcan buka londri sdh lama jadi baru akan kl listrikny sdh dpt tbhn, skarg mo nanya kalo listrikku 1300 daya, cukup gak buat londri tok alias cuma buat cuci n setrika aja karna pegeringnya aku ambil dari matahari aja kbtlan lahan rumahku lumayan luas tapi atapx gw tutup pake seng plastik biar nggak basah kalo hujan ..gimana pendaptnya..Tkyu.

    • Dear Betty,
      Maap yaaa.. baru buka nii.. sibuk,hehe
      Salam kenal juga. Untuk listrik 1300watt sudah cukup kok. Dan aku setuju tuh untuk tempat jemuran kasih atap seng untuk enghindari jika cuaca gak memungkinkan.
      Btw skr udah di Jakarta nih..pidah lagi..hehe.
      Gud luck Betty…

  44. Aidin

    teman senior yg saya homati,
    perkenalkan nama saya aidin… saat ini saya sedang bekerja di salah satu bank. tapi jujur saya nggak mau seumur hidup jadi org gajian. awalnya saya bingung mau membuka usaha apa.. kebetulan tiap minggunya saya mencuci pakaian saya menggunakan jasa laundry dan kalo saya hitung hitung sebulan saya bisa menghabiskan budget rata rata 120 rb/bln kalau di kalikan jumlah teman sekost saya yg berjumlah 5 org serumah itu 600 ribu/bln. bisa di hitung jika ada 100 rmh dgn jumlah yg sama bisa dapet 60 jutaan/ bulan. jumlah yg cukup besar…. akhirnya saya tertarik untuk buka usaha laundry di kampung saya di kota makassar. sudah sebulan ini tiap minggu kalo gak kerja saya jalan jalan n nongkrong dilaundry langganan saya itu..dan saya makin tertarik. saya rencana nantinya ingin membuka laundry di kota makassar kebetulan rmh tempat usaha saya nantinya disana berada di kompleks perumahan dan gak jauh dr bbp sekolah,kampus.mohon bantuanya disharing kira kira kalau modal 15- 20 juta apakah sudah cukup memadai untuk membuka laundry? mesin apa yg baik dan kira kira harga berapa demikian juga dengan mesin pengeringnya. apakah teman teman senior bisa ngasi info ke saya alamat dan no telp suplier mesin cuci/pengering,detergen,pewangi dan bahan tambahan lainnya untuk laundry? syukur kalau ada suplier yg berada di kota makassar agar lebih mudah memperolehnya. mohon bantuannya
    terimakasih smoga ilmu yang anda bagikan kesaya bisa sangat bermanfaat dan pahala akan anda dapatkan selamanya

    Aidin :)
    (emailnyaaidin@yahoo.com)

    • Dear Aidin..
      Keputusan yang tepat untuk menjadi pengusaha..karena selain kita punya waktu lebih untuk mengerjakan hal2 lain yang mendatangkan uang, anda sudah turut membantu membuka lapangan pekerjaan.
      Lokasi rumah anda sudah sangat representatif, cocok untuk bisnis ini. Saya ingatkan untuk sering membuat paket2 promosi dengan menyebarkan brosur2.
      Modal 15-20 jt saya rasa cukup untuk awal bisnis. Asal renovasi rumah gak terlalu banyak. Mesin cuci seperti di tulisan saya, merk LG atau Samsung. Skr gak tau harganya, dulu waktu saya beli kapasitas 6kg hanya 3jt. Saya sih menyarankan beli 2 mesin cuci. Tapi kalo mau beli mesin pengering juga sepertinya modalnya kudu ditambah. Untuk suplier mesin cuci atau mesin pengering, anda bisa cek di toko2 elektronik besar di Makasar. Sedangkan untuk deterjen, pewangi dan bahan kimia lain di Makasar silakan menghubungi MR. MUNAFRI – Jl. Mangadel No:49 – MAKASSAR-SULAWESI SELATAN – 0818383992.
      Bila masih ada yang ingin ditanyakan silakan anda hubungi saya di sini.
      Gud luck and keep the faith!

  45. ovalclean menawarkan peluang usaha kepada rekan-rekan yg ibgin menambah penghasilan tambahan, salah satunya adalah usaha loundry, dengan modal mulai 2jutaan udah bisa langsung bekerja, info terbaru ttg kami silahkan lihat di
    ovalclean.indonetwork
    atau klik di
    http://www.ovalclean,blogspot.com
    atau melalui facebook di
    ovalclean@yahoo.co.id
    atau sms ke
    087893888808

  46. Caca

    Salam kenal mbak kanan…saya sangat tertarik untuk bisnis loundry kiloan ini. DIkota saya (medan) sudah sangat banyak sekali yang buka bisnis ini, tapi yang namanya rejeki tentu sudah diatur ama yang kuasa,yg penting bagaimana cara kita berusaha. Saya saat ini juga tidak mau buru-buru membuka bisnis ini (maklum pemula), saya harus pelajari dengan detail (terutama cara mencuci dan menyetrika). Ada 1 hal yang ingin saya tanyakan, tentang kebutuhan detergen dan pewangi, apakah didaerah medan sudah ada distributor detergen dan pewangi yang khusus untuk loundry?kalau ada dimana ya mbak???terima kasih atas informasinya….

    • Dear Syanti,

      Betul sekali, rejeki sudah ada yang mengatur.
      Untuk usaha, dengan menambahkan satu kata saja di tag line usaha kamu, itu sudah bisa jadi nilai lebih…apalagi dengan ramuan2 yang pas antara service dan hasil…dijamin dah.
      Di medan kalo cari pelembut bisa ke Mr Lison di 081263628731, 083197848829, 061 76477445, 061 50270467 Alamat Jl.Binjai km.12,5 Comp.Permata hijau blok.G no.20 Medan 20351. Sedangkan untuk deterjen ke ibu fitri wenny di 081361597309, 061-6611051, Alamatnya Jl Sidodame Komp Pemda no 69 Medan 20239.
      So, gud luck and keep the faith!

  47. yuni

    mba,, saya baru baca blognyanie,,, ehmmm.. keren berbagi ilmunya lengkap banged,,,
    saya juga punya usaha laundry, masih baru tapi.. saya mau tanya mba,,
    1. saya ingin meracik pewangi sendiri biar wanginya beda, punya resepnya gk mba?
    2. kalau bed cover itu distrika gak to mba? saya belum nemu kiat2 mencuci bed cover biar lembut, rapi dan mengembang?
    mohon infonya ya mba. makasih..

    • Dear Yuni,

      Maaaf sekali, baru sempat balas.. sibuk banget banyak kerjaan.. biasa,kejar setoran..hehe.
      Kalo meracik pewangi aku blom belajar, jadi maap aku gak punya tuh resepnya.
      Bed cover sebaiknya juga disetrika, tinggal dilipat dulu..baru disetrika. Khusus untuk bed cover sebaiknya gunakan pelembut. Kalo biar mengembang saat dikemas, sepertinya butuh mesin lain deh.. Gak usah aja, udah sip kok asal diberi pelembut dan disetrika….

      Gud luck…

  48. yuni

    salam kenal mba khanan…
    mba saya mau minta saran ma infonya,,
    1. saya ingin sekali menciptakan wangi baru, mis. menggunakan bibit minyak wangi bermerk… itu bisa gk c, trus mba punya resepnya gk…

    2. saya mau tanya kiat2 menccuci dan mngemas bed cover.. biar lembut dan mngembang.. trus bed cover itu boleh distrika gk c mba… trim’s

  49. yuni

    dear mba khanan..

    salam kenal ya mba,,, saya masih nunggu balasannya dari pertanyaan yang terdahulu,, maaf ngerepotin butuh infonya soalnya….
    1. cara mencuci dan merapikan bed cover yang okeh… trim’s

  50. fajar

    Dear mb khanan

    saya mempunyai usaha laundry kiloan di jakarta dekat UI depok, skrg baru 2 bulan. saya tertarik dengan mesin pengering akari tapi kalo cuma kapasitas 20 pakaian menurut saya sangat kurang.
    saya sudah mencari-cari mesin pengering yang watt-nya kecil, emang ada tapi didukung dengan gas tapi harganya sangat mahal 13jt – 18jt
    apakah ada mesin pengering yg kapasitasnya minimal 10kg tapi harganya kompetitif?kalau ada mungkin merek dan belinya dimana?terimakasih atas infonya….

    • Dear Fajar,
      Maaf juga yah, baru punya waktu balas nih… semoga usahamu lancar dan semakin maju. Apalagi lokasinya mantap gitu, dekat kampus…
      Mesin penegring? ada, kamu baca di blog ini, aku ada membalas pertanyaan dari temen2 yang lain merk, harga dan tempat belinya.. karena contekannya dah gak aku bawa..

      Regards

  51. domika

    mbak khanan yg baik,
    saya juga sepertinya akan mengikuti jejak anda juga teman2 diatas berbisnis pencucian baju.
    banyak yg bisa saya pelajari dari tulisan anda juga comment2 disini..makasih banyaaakk :)
    tapi kok saya belum kebayang tehnis setelah menerima pakaian kotor dari klien.tentunya tidak asal langsung memasukkan pakaian kotor ke dalam mesin,kan?trus apa aja yg harus dilakukan sebelum menyerahkan pekerjaan selanjutnya pada mesin cuci?biar praktis dan effisien..mohon tips n triknya ya mbak :)
    thx before mbak..

    • Dear Domika,
      Kayaknya sebelumnya saya kudu minta maap dulu yak, karena lama seklai membalas pertanyaanmu…hehe.
      1. Setelah pakaian kita terima dari pelanggan, hitung dulu bersama saat pelanggan masih ada.
      2. Tanyakan adakah pakaian yang riskan atau luntur.
      3. Bila tidak ada, lebih gampang kan? tinggal masukkan semua ke dalam mesin cuci.
      4. Bila ada, beri pengertian pada pelanggan untuk menambah sedikit ongkos (besarnya terserah kamu, kalo kamu baik hati ya tdk usah ada tambahan-anggap service) karena artinya mesin kamu atau karyawanmu kan kudu kerja extra…dengan mencuci dengan tangan atau mesin cuci bekerja 2x untuk 1 pelanggan.

      Oret Domika? gud luck then… keep the faith

  52. Adie

    mbk. Khanan

    aq lg ada rencana buka laundry nich n bth info@nya!!
    mbk mau tny, waktu kasih label, labelnya menggunakan bahan apa?
    bukannya nanti label itu masuk ke mesin cuci n basah?
    Bagusan pakai deterjen bubuk atau cair, n apakah kalau sudah diksh pawangi dari mesin cuci, masih perlu lagi diberi pawangi saat menstrika?
    maaf n trims!
    smoga suksess….!!! Amien 3x

    • Dear Adie…
      1. maaf yaaa…baru bisa balaaaas…hehehe
      2. labelnya pake kain kerah Die, yang agak keras…tanya di toko kain udah pada tau, itu lho..yang keras di dalam kerah baju. Tebalnya macem2..tinggal kamu nyaman yang mana.
      3. Mending saat nyuci gak usah pake pewangi, ngirit biaya operasional… lagian ntar kena matahari ilang wanginya… mending dikasih pewangi saat disetrika aja.
      4. Sabun cair atau bubuk sama2 bagus, tinggal kamu lebih mantap yang mana.
      5. Sama2 yah….kamu juga semoga sukses selalu…amin..amiiin..amiiin…

  53. Dear mba khanan,
    salam kenal y mba,,saya sdh siap dengan usha laundry cmn mash dlm tahap renovasi tempat,,tp masih bigung nentuin harga,rencana selain terima cuci kiloan jg terima cuci perlembar/cuci express tp gmn nentuin perbedaanny y mba??klo perlembar dlm kategori apa? juga untuk cuci karpet apa cukup mengeringkan hny dngn bantuan vacum cleaner,krna kondisi jemuran ngepress tempat.thank uuuu mba.best regard 4 u

  54. RICKY RIFFIANDY

    salam kenal mbak khanan sy mau tanya mengenai pewangi + deterjen untuk daerah bandung bisa tolong bantu ga??
    satu lagi kalo ga ngerepotin tolong buatin contoh nota nya sekalian di tunggu di email aja ya rriffiandy@yahoo.com
    mohon doanya karena sy juga punya minat di usaha ini
    makasih..

    • Dear Ricky…

      Gimana Rick? Pasti udah keburu yah? maap banget..aku lagi sibuk dan gak da waktu luang..baru sempat skr deh…
      Di bandung? coba cek di Jl.Malabar No 24. Nomer telpnya gak punya..maap yah…
      Contoh nota? Aku kasih gambaran aja yah..
      Nama
      No Telp/hp
      Tgl masuk/tgl ambil
      Layanan :
      1. Reguler : jumlah kilo : jumlah pakaian : Harga
      2. Kilat : jumlah kilo : jumlah pakaian : Harga
      3. Express : Jumlah kilo : jumlah pakaian : Harga
      Layanan khusus : (seperti horden, jas, bed cover, boneka – karena harganya bukan termasuk harga kiloan)
      ……………….: jumlah : Harga
      Total Harga.

      PERHATIAN :
      1. saat pengambilan harus menunjukkan nota
      2. barang tidak diambil dalam waktu 1 bln bukan jaminan kamu
      3. kerusakan akibat kelalaian pelanggan tidak ada penggantian.
      4. kerusakan akibat kelalaian kami penggantian 10xongkos
      5. komplain hanya diterima 1×24 jam setelah pengambilan dan menunjukkan nota.
      6. pelanggan dianggap menyetujui peraturan yang berlaku.
      7. (atau ada lain yang kamu anggap perlu)

      Desain, silakan mengaturnya sendiri yah..hehe

      Regards and gud luck

  55. RICKY RIFFIANDY

    salam kenal mbak khanan
    klo untuk deterjen+pewangi daerah bandung bisa bantu ga??
    satu lagi klo ga keberatan tolong buatin saya contoh nota nya..lewat email aja ..rriffiandy@yahoo.com
    makasih mbak semoga selalu dikasih kesejahteraan

  56. ULIN

    dear…mbk
    cari detejen n pewangi klo dilampung yang murah tp kualitas ok ada info ga mbk..n mo tanya u mesin pengering akari, oke jg ga krjanya untuk bed cover bsr n tebal, butuh brp lama keringnya? n apakah hasilnya 100% kering sama spt dryer2 yg udh punya nama? thanks

    • khanan28

      Dear Ulin,

      Maafkan, baru sempat balas.
      Untuk pewangi di lampung silakan hubungi Mbak Prima di 0817465012.
      Mesin pengering akari modelnya seperti tampak pada gambar….jadi gak mungkin kalo buat bed cover…. Tapi kalo masalah hasil, gak kalah kok asal jangan sampe kepenuhan…hehe.

      Regards

  57. Marlyn

    mbak infonya bener2 pencerahan bgt buat saya. Kebetulan saya mahasiswa yang baru mo belajar usaha. lokasi saya di Samarinda. kapan2 boleh maen ke laundrynya mbak kah? Soalnya saya bener2 pemula dgn modal yang pas2an. Pastinya butuh bantuan banget. Terima kasih sebelumnya mbak. Semoga mbak sekeluarga sehat selalu en makin sukses…

    • Dear Marlyn,

      Mau main ke laundry saya? boleeeh… tapi saya gak ada yah. kamu bisa ketemu adekku abi. bilang aja kamu temenku. Ntar aku sampekan ke abi juga deh..
      Terima kasih doanya… semoga begitu juga denganmu… amiiin

      Regards

  58. Emi endayani

    Hallo mbak khanan.saya cuma punya uang 15 jt nih.tinggal di kemayoran.tp dah gatel mo usaha laundry kilo.kayaknya tempat ga strategis ga pa pa yg penting peran promosi dan agen ya mbak.saya pengen usaha sambil sewa tempat.berapa minimal ukuran ruangnya dan bisa kasih tau ga mbak merk mesin2 yg harus dibeli,merk yg murah bagus dan sebaiknya kredit atau cash.makasih ya mbak atas jawabannya.

    • Dear Emi,
      Di tulisanku sepertinya ada tuh merk dan harga mesin yang biasanya dipake oleh laundry2 kiloan laennya. Tapi harga itu harga tahun 2007. Yah, dikira2 aja skr naek brapa %. Juga mesin atau alat laennya, ditulisanku dah jelas kok. Saranku sebaiknya kredit aja, jadi uang yang ada bisa buat kebutuhan lain sepeti sewa tempat dan membeli peralatan lain (yang gak bisa kredit) dan juga kamu butuh opersaional 3 bulan pertama tentunya. Ukuran minimal seukuran garasi mobil dah ok kok. Brapa tuh? 4×3? (hehe, mobil sedan..jangan Alphard yah…)

      Oret Emi? gud luck yak…

  59. nana

    mbak, aku masih belum jelas tentang tag gun untuk pelabelan nih…bingung seperti apa bentuknya. aku posisi di jember jatim, kira2 bisa beli dimana, gramedia-kah? kota kecil sih… jd slama ini msh pake sistem ingatan hahahaha jadul banget ya…untung masih dikit pelanggannya
    thx

  60. Gibran

    Tx brt bwt mba khanan.slm knl (gibran dimakassar) bwt mba yg bae ht..tdx sy sngt bingung mw buka usaha apa lg krn trawma dgn usaha sblmx yg slalu gulung tikar.tp krn sy bc blog mba kini sy bersemangat lagi untuk memulai usaha laundry dgn tuntunan mba,he he…sy cmn mw tx apakah,mesin cuci samsung tdk merusak pakaian…tx yc mba…klu kemakassar hub sy yg nnt sy ajak keliling sul-sel,heheee

  61. Gibran

    Siiip mba,,dah ngerti skl tnp kekurangan info sdkt pun,he heee…pstx nda repotlah klu bwt mba khanan apa sih yg tdk,.nnt sy siapkan mknan khas mksr,coto makassar dan konro bakar…he he heee…skl lg tx y mba.moga sukses slalu…amiiin.!

  62. tetha

    haloo kaka yg bae….baru ni aku betah kali lah baca satu situs sampe mendetail kek gini…habis isinya T.O.P BGT lah….ka, q pgn juga c buka usaha laundry,,,tapi kondisi aku kerja,,posisi aku dibatam,disini susah kali cari karyawan yg buat laundry pa lagi baru merintis,da saran ga ya biar bisa atur waktu……?maap ya ka….cz baru pgn coba2 belajar usaha….tnx before ya….sukses selaluw buat kaka… :-)

    • Dear Tetha..
      Hehe..tq tq.. Jadi blushing nih.
      Susah cari karyawan emang gk cuma kamu sendiri kok yang mengalami. Mending kamu impor aja dari kampung yang dekat batam.
      Tentang cara mengatur waktu, kalo mau dikerjakan sendiri kyknya gak mungkin deh..nyetrika butuh tenaga dan waktu yang maksimal. Kalo udah ada karyawan mah gampang ngaturnya, pagi cek sore cek lagi kalo perlu ikut nyetrika kalo lagi full..atau pendekatan personal ke karyawan dan pelanggan. Gimana Ta? udah menjawab pertanyaanmu blom? kalo blom tanya lagi bole kok..hehehe. Dan cepet aja mulai usahanya..oreeeeet???
      Keep the faith!

  63. dewayu

    hei sis……..
    ‘lam kenaal ….
    sis, ak mou nanyak, gimana ya caranya ngilangin noda membandel….??
    untuk pakaian putiih apalagi pakaian yg warna…??
    trus, ak prnah dengar proses bleecing untuk pakaian itu apa ya,,,??
    mav ya sis banyak nanyaak…
    hhhee….. ^,^’

    • Dear Ayu,

      Sepertinya aku pernah jawab buat noda2 membandel.. bole kamu cek di antar komen2 di atas.. Tapi gpp aku ulangin deh.. pake jeruk nipis. bleaching? pake pemutih maksudnya? Pernah denger proses bleaching rambut? nah, hampir sama..pakaian diberi bahan kimia untuk melunturkan warna aslinya..
      Regards

  64. indah jazzy

    mba khanan…smua tulisan mba pnuh inspirasi energi utk smkin smgt sy membuka usaha laundry ini,hehe..mw tnya mba klw laundry kiloan apa hrs minimal 1 kg cucian dr pelanggan kh??klw trnyta ada yg ga nympe 1 kg gmn??apa perlu trima laundry satuan jg kh,brrti kn harga jg brubah dg hrga satuan bkn kiloan??gmn tu..mohon solusinya ya mba..maturnuwun=)

    • Dear Indah..
      Kalo minimal cuci terserah kamu kok. Kalo aku sih minimalnya 3kg. Jadi kalo cuma 1kg mereka tetap kena charge 3kg..hehe. Kalo namanya minimal ya itu yang kudu dipenuhi, so kalo gak nyampe ya kudu dihitung minimalnya. Kalo satuan biasanya yang bukan pakaian sehari hari seperti seprei, selimut, bed cover, jas, boneka dll. Harga? disesuaikan dengan kotamu..keliling aja ke laundry laen, mereka pasang tarif brapa kalo buat bed cover dll itu. Oret? Sip! Selamat berjuang!

  65. Lidya Jamaluddin

    Halo mba… salam kenal Bersyukurlah sy mendapatkan situs ini….. sy lidya di Makassar, saat ini sy sedang mempersiapkan pembukaan laundry kiloan IsyaAllah launchingnnya awal Januari Amin… Modal saya membuka landry ini kebanyakan menggunakan peralatan RT yg sdh ada, mengingat usaha baru yg sy belum tahu pasti perhitungan untung ruginya.Mulai mesin cuci (samsung 7 kg), setrika, dan tempat ,menyulap yg sdh ada….. tinggal nambah2 item lain yg blm ada….. t4 tinggal sy berada di tengah kompleks perumahan, jadi bkn di pinggir jln raya umum, soal harga sy turunkan sedikit dari harga yang ada di pasaran (Red 6000/Kg jadi 500/kg). Sasaran saya emang pelayanan antar jemput Gratis, mengingat lokasi sy bkn jln umum, pencarian pelanggan pun menjemput bola, mulai dri bagi2 brosur ke setiap rumah, kantor & Rumah sakit…. Mohon infonya cara promosi yg lainnya yah….. Thank’s B4… btw info yah mba, sy mau menjadi agen di akassar sbg penyalur bahan kimia khususnya tuk laundry kiloan …….

    • Dear Lidya,
      Bersyukur? Yah, saya juga bersyukur deh kalo ternyata ini sangat berguna. Setuju dengan langkah yang kamu ambil, memaksimalkan yang ada.
      Cara promosi lain bisa dengan membagi kupon gratis cuci 1kg. Kupon gratis cuci untuk 5x cuci. Pokoknya buat mereka tertarik buat datang dulu, ntar kalo udah kenal kan pasti dari mulut ke mulut tuh nyambungnya.. Buat teman2 yang punya bisnis bahan kimia atau kebutuhan laundry..nih Lidya siap jadi agen.hehe. Gud luck Lidya! Keep the faith!

    • lalolang

      Mbak Lidya, salut untuk usaha anda, apa jangkauan jemputan melayani di Perumnas Antang? Call No Brp, atau alamat email, thnx

  66. dewayu

    sis….
    ada fb gak…
    klo ada add aqu ya…. ayu_m1t4@yahoo.com
    di fb nama qu ayu putri dewa…
    bantu aq ya sis… rncna dlam wktu dkat ak mou buka usaha laundry…
    thx ya sis… tlong di add…. atau email aq jg bleh…
    x agie mksi sis……… ^,^

  67. iwan

    Mbak Khanan, apakah listrik 900 watt kuat buat mesin front loading?

    Untuk Samsung, dari situsnya Samsung WF-8650NHW, konsumsi energi listrik (mencuci saja) 1,14kWh. Maksudnya apa ya? Kalau diukur watt, jadi berapa?

  68. yanti

    kalo mau jadi agen gimana??ada syarat / ketentuan2nya g ya??

    • halo yanti..

      Maaf ya, baru bisa buka blog ni.. lupa password kmrn..hehe.
      Semoga sudah buka agen yah. btw di komen sebelumnya ada tuh yang menawarkan jadi agen. baca aja.
      Semangaaat!

  69. fibri

    Mba, aku tertarik bgt dengan bisnis ini, insya allah mau buka di lampung 2 bulan lg. aku sudah baca tulisan2 diatas. selain mb prima ada referensi lain tdk untuk beli detergen dan pewangi, dan beli alat pengering?
    oh ya add aku di fb ya? fib_tamher@yahoo.com.
    Terimakasih

    • Fibrii..
      Maaf baru bisa buka blog ni.
      Semoga bisnisnya udah jalan lancar yah.
      kalo pewangi coba telp 021 333 2 4040 (Rani) dia bisa sampe lampung. mungkin kamu bisa juga jadi agennya kan?

  70. Rusdi

    aq ingin beli mesin pengering akari bagaimana caranya ? aq di kota mataram NTB

    • Rusdii..
      Maaf ya.. password blog ini aku lupa. jadi baru baca nih..hiks. Maaf ya.
      dan kabar buruk..tu pengering kyknya udah gk diproduksi. aku dah cari info kemana mana.. smua bilang demikian. Semoga bisnismu sudah berjalan dengan lancar yaa

  71. Rusdi

    mba khanan tolong dong !!!

  72. Rusdi

    mba khanan saya mau minta tolong deterjen,pewangi,dan kantong plastik selimut kalau di Bali di ,mana ?plissss

  73. Agil Nurrohman

    Dear Khanan…
    Saya udah buka usaha loundry kira2 3 thaun,,tp blm punya mesin pengering akari..
    ada info untuk mesin, pewangi, dan deterjen di Semarang mbak?
    thank atas infonya

    • Agil..apa kabar
      maaf baru bisa balas yah. lupa password soalnya. hiks
      kalo pewangi dan deterjen coba hubungi Bpk Chandra Wandoyo (Sumber Berkat)
      0281-6841247 / 081903178375
      Perumahan Purwosari Indah, Jl. Kalpataru V
      No.1 Purwokerto- Jawa Tengah
      kalo mesin pengering, akari ternyata sdh tdk memproduksi..

  74. Dian Wulandari

    dear khanan

    dari sebelum kena PHK ,,sudah lama aku niat buka laundry,,,tapi belum kesampaian,,sampai akhirnya sudah ada usaha laundry yg buka duluan,,,tapi niatku masih tetep kuat nih,,ditambah lagi kebutuhan,,,jadi pengen konsultasi banyak,,boleh kan?
    bantu aku yaaa please ,,aku butuh motivator nih

  75. ningrum

    Mba, minta no telp distributor detergen matic yg di semarang dong. Yg mba rekom sebelumnya sudah tidak bisa dihubungi. ⓣⓗⓐⓝⓚⓢ‎​.

    • hai ningrum…
      maaf laptop rusak. instal ulang jadi password blog lupaaa
      semarang? coba hubungi ini deh
      Bpk Chandra Wandoyo (Sumber Berkat)
      0281-6841247 / 081903178375
      Perumahan Purwosari Indah, Jl. Kalpataru V
      No.1 Purwokerto- Jawa Tengah

  76. mas mohon bantuannya nie, saya reby tinggal di bogor saya buka laundry kiloan tapi saya bermasalah dengan deterjen dan pewangi, saya bisa dapat di mana nie barang tersebut yang bagus dan harga lebih murah yang ad di sekitar bogor.. atau di tempat lain..

    mohon batuanya dan ini Email : rebiadisaputra@gmail.com, hp: 085811209871..

  77. gawik

    sangat,sangat bermanfaat….di mana yg laen menutupi rahasia rahasia laundry,di sini di buka dan tanpa biaya.tulisan dan komen2 di blog ini kalo di kumpulkan dan di tata rapi bisa jadi buku…..

    hidup mbak khanan28

  78. purnamawati

    mesin pengering akari itu bisa saya dapatkan dimana ya?.
    untuk trainingnya sendiri dimana?

  79. Resti

    Dear mb khanan
    Infox sgt bagus&menarik skali utk memulai bisnis loundry bg pemula dmana sy buta skali utk urusan itu sy jd tertarik utk membuka usaha loundry apalagi rmh sy ada dilingk.kampus&perumahan Selain ingin mjlalankan usaha loundry sy jg ingin mjd supliyer bahan2 loundry krn yg sy lihat byk skali loundry2 disekitarx,mohon petunjuk dr mb khanan apakah bagus rencana sy ini jg mhon ilmux apa saja yg hrs disiapkan utk memulai membuka usaha supliyer mulai dr persiapan&perencanaan dll trims sblmx mb khanan..

  80. Yanti

    hai khanan, salam kenal

    Senang banget ketemu blog kamu, sy sedang cari2 info utk memulai bisnis laundry kiloan (rada telat yah, tp better late than never khan..)
    Baca semua postingan disini sy bnyk bgt dpt info, thank u buat khanan yg rajin dan baik hati..

    Yg sy msh bingung adalah standart penggajian karyawan, kl dengan patokan harga laundry nya 6rb/kg, berapa persen kah kira2 biaya yg ideal kt habiskan utk karyawan? Lalu sistemnya apakah gaji tetap dengan jam kerja tertentu atau hitung per kg laundry yg bs mereka selesaikan??

    Lalu utk pembagian tugas, lbh baik tiap karyawan punya spesialisasi sendiri (misal khusus mencuci, menyetrika) atau dibuat semacam tim?

    Thanks buat sharing nya kiri eeh khanan..:D (peace khanan)

    • halo yanti..
      maaaaf banget. saya lupa password ni blog. jadi baru bisa balas deh.
      masalah penggajian kyknya ada di komen di atas deh. coba baca lagi satu2..
      gud luck yaaa

    • ni contoh menggaji dari komen di atas..

      Gaji Pokok : Gaji pokok yang fix (ini gunanya jika kita kasih THR yang kita bayar hanya gaji pokoknya dan bukan total gaji..hehe)
      Transport/makan : Rp 5000/day x total kehadiran (ini untuk merangsang pegawai rajin masuk saban hari. nilainya juga terserah anda ya..Rp 5000 hanya contoh)
      Bonus/lembur : Bonus dari target kilo per hari jika lebih dari target, beri mereka 20%dari lebih target atau nilainya terserah anda. Lembur jika mereka bekerja melebihi waktu (8 jam kerja) total waktu lembur x 20% dari uang makan/transport.

      Contoh :
      Nama : Xxxx
      Bulan : Maret

      Gaji Pokok : Rp. 300.000
      Transport/Makan : Rp. 125.000 (25 hari kerja x Rp 5000)
      Bonus/Lembur : Rp. 5.000 (5 jam lembur x Rp 1000)
      Total Gaji : Rp. 430.000

  81. aidin

    Apa kabar mbak khanan? Lama gak ada postingan di blognya? Btw masih ingat saya? Saya aidin dulu pernah sharing disini juga, btw sdh 6 bln saya pindah balik ke makassar, saya sndiri belum memulai usaha laundry tp kk saya sudah membuka usaha laundry bbp bulan terakhir, saat ini dia sdh balik modal tetapi sayang sekali krna keterbatasan tenaga kerja laundry hrs ditutup krna kk sy sndiri punya kewajiban di salah satu instansi pemerintah, saya rencana ingin meneruskan usaha itu dan mgkn lewat blog ini ada teman2 dari asal kota makassar juga yg bs share mgkn ada knln yg berpengalaman bidang laundry tp msh jobles jujur dan bertanggung jwb bs menguhubungi email saya emailnyaaidin@yahoo.com. tks buat mbak khanan
    !

    • halo aidin
      iya nih.. lupa passwordnya. haha.. gara2 instal ulang laptop. hilang smua deh.
      nah.. buat teman2 di Makasar. silakan hubungi bang aidin untuk sharing.
      Sukses buat Aidin!!!

  82. Blade FA

    no hpx umtuk wilayah samarinda ga aktif………….tolong info no tlpn yang baru….trms

  83. devykwon

    Mw nanya alamatnya di samarinda dimana.q mw beli pewanginya nih dan detergennya.thanks

  84. agung

    salamkenal sist
    kendala buka usaha laundry, sering susah cari tenaga kerjanya
    ada saran ga sist, giman orang merasa nyaman kerja sama kita
    klo sistem shift, & libur tenaga kerja giman sist?

    mksh

    • kita balikin ke kita lagi aja.. kalo kita nyaman itu gimana? di enakkin kan? nah, selama mereka merasa enak pasti akan nyaman.. jangan suka dimarahin,,tapi diberi tau. lembur itu minim kasih 10 persen dari gaji. atau kasih aja 1 jam 5000-7500 disesuaikan pendapatan laundry perbulan rata2. shift juga sip itu. pokoknya 8 jam kerja

  85. Dear jeng bro… Dear jeng bro… apa dah bangkrut usaha londrinya…

  86. ridhan

    permisi mbak mau tanya, caranya menakar deterjen itu seberapa ya? supaya hemat dan tidak berkali2 beli deterjen

    • pernah tau kan? sendok takaran deterjen yg dulu ada salah satu deterjen keluarin? nah.. segitu.. kalo pake tangan, deterjen bubuk itu satu genggam.. itu buat 3 – 5 kilo

  87. DIAN DESIANA

    Salam kenal mb.khanan
    Sy ada rencana mau buka laundry kiloan & butuh banyak info. Saya sangat bersyukur menemukan blog ini. Domisili sy di Pontianak. Yang sy mau tanyakan sblm memulai bisnis ini :
    1). Apakah di kota sy sdh ada distributor utk kebutuhan deterjen, pelicin, parfum laundry tahan lama & chemical lain khusus untuk laundry?
    2). Apakah di saat menyetrika kita menyemprotkan pelicin & parfum laundry secara bersamaan?
    3). Di saat musim kemarau, air ledeng di kota kami asin & keruh. Otomatis akan boros deterjen, pakaian putih agak kekuningaan & dapat merrusak mesin cuci. Gmn solusinya mb?
    Saya sangat mengharapkan info nya. Terima kasih banyak ya mb. Khanan

  88. Sandhy

    Mbak mau nanya dong saya pake mesin s*amsung ada mode cuci quickwash 15 menit,dailywash,cotton dll…saya pake quickwash kok kurang bersih ya kykna? selama ini mode cuci yang dipake apa ya mbak? bisa sharing disni…kalo pake daily wash 60 menit waktunya kelamaan ga siy itu? takut boros di biaya listrik…hehe

  89. ipul

    ae bu bro0o,,,,
    iam from solo,,,,
    aq pengen buka laundry nie,,,
    nie skedar curhat aja,,,
    aq punya modal 15 juta,,,
    1. rumah 3jt perbulan, lumayan lah buat tempat nyuci, nyetrika n laen2,,,,
    2. ruko 5jt perbulan, nie tmpat untuk barang kluar n masuk,,,,
    3. 3jt untuk prltan n bhan2nya,,,
    4. mesin cuci aq pngen beli dua n satu bwat pengering tpi modal kurang, da g ya toko di solo yang menyediakan kredit pembelian mesin cucinya n pengeringnya,,,,
    mhon bantuanya bu bro0o,,,,,

  90. Mesen cuci yang bagus merk apa? Kalau akari bagus gak

    • semua bagus..karena semua punya kelebihan dan kekurangan.. tapi kalo laundry sih rata2 kalo gk samsung ya LG. tapi itu semua dibalikin lagi ke kamu. sesuai dengan kebutuhan dan budget. Akari juga bagus liat aja dulu kelebihannya..jangan lupa yak

  91. Eris

    Dear khanan,
    Bagi info donk suplayer sabun cuci n pewangi d daerah surabaya..
    Thank’s,eris sby

  92. athala

    ms mau tanya, di daerah solo ada gk ya yg jual mesing pengering dr akari,aq dah muter2 di solo gk ad yg jual,trimaksih

  93. risa

    mbak bro ak kq telat infone…baru tau mesin pengering,trus skg udah ga keluar lg produknya?trus gantinya apa ni…thanks

  94. risa

    kalo untuk bedcover,biar langsung kering pakenya mesin apa ya??pliiiiiis infony…thx

  95. novi

    Dear Mbak Khanan…

    salam kenal ya mbaak,,,mbakk mohon contoh dunk buat brosurnya yg menarik gituu…please email ke aq ya mbaa…vie_an80@yahoo.com
    Insya Allah mau buka secepatnya niih mbaa….

    so…ditunggu ya mba…..wassalam

  96. Dear Fitriyani…
    Hmm, skr pasti udah jalan ya usahanya…hehe,maaaap baru bisa balas nih….
    Cuci express bisa juga kok kiloan, aku contohin pake harga tempatku yah…
    1. Reguler : 2hari : Rp 7000/kg
    2. Kilat : 1hari : Rp 14.000/kg
    3. Express: 4jam : Rp 19.000/kg.

    Karpet? Mending kamu kerjasama aja ma tempat lain yang memang ahlinya cuci karpet.. jadi kamu gak pusing. Karena karpet ya kudunya di cuci pake air dan sabun juga…dan memang butuh tempat yang luas serta sinar matahari stabil…

    Gud luck…

  97. Dear Gibran…
    Wah, semangatmu itu yang seharusnya perlu kita contoh…. Hidup Gibraaaan!!!! hehe.
    Samsung atau merek lain yang front loading atau yang manual tidak merusak pakaian. Apalagi yang otomatis, mereka punya menu2 untuk jenis pakaian tertentu. Nah, karena untuk laundry kiloan kita kudu mengurangi biaya operasional, jadi semua pakaian kita perlakukan sama…gunakan menu pencucian yang paling sederhana dan hanya memakan waktu 30an menit. So, untuk jenis pakaian yang sangat rentan (seperti sutra misalnya) tentu tdk dpt dimasukkan bersamaan dengan pakaian sehari2.. (jika ada ya artinya itu spesial request dengan biaya yang berbeda). Sudah mengertikah?hehehe. Siap, kalo ke Makasar pasti akan kurepotin dirimu…hwhwhw. Keep ur faith Gibran, gud luck!

  98. Dear mas bro yang ternyata sis, hehe, maap, ta’ kira mas bro, ternyata sister.
    btw, setelah membaca komen rekan2 y lain, jadi tau klo mbake hanya tau y jual d jogja ya? oce deh, saya cek kesana…tapi klo ada info y jakarta tulung ya mbake…thanx mbake :D

  99. hahaha..
    yg jual apa ya? mesin pengering? udah gk diproduksi lagi tuh kyknya.
    maaf ya baru bls. saya lupa passwordnya ni blog. hehe

  100. aridita

    Dear mbak khanan…

    Waaah kayaknya saya telat banget untuk masuk ke forum ini. Btw, mbak khanan saya ingin tau info lebih lanjut tentang laundry, saya baru mau buka soalnya. Lokasi saya di jogja dihimpir banyak perumahan, saya terkendala masalah :
    1. Total Modal awal
    2. Kriteria pegawai ideal, jumlah pegawai ideal dan gaji
    3. Cara pencucian kiloan yg baik dan benar

    Kl mbak khanan ga kberatan, saya ingin menjalin kerjasama dgn mbak khanan, melalui pin  / ym mengenai bisnis ini agar besar. Trimakasih banyak mbak khanan, saya sangat menanti balasan dari mbak. Trims sekali

  101. zaki

    assalamualaikum
    Mba tempat londrian di semarang ama di solo yg bisa kerja sama daerah mana ya?
    Q punya pelanggan tp aq ngga punya mesin cuci
    Kalau bisa daerah ama no tlpn makasih

  102. aduuh.. maaap.. baru buka ni.. jadi telat pasti ya.. maaap

  103. aduuuh… maaap.. baru sempat buka nih.
    1. total modal? mesin 1 apa 2? kalo mesin 2 ya skitar 40an lah. tapi tempat yg sederhana tuh. kalo mau, aku siapin semua deh. kamu tinggal siapin tempat aja. minta emailnya,, ntar aku kirim paket2nya.
    2. pegawai yg ideal ya yg ramah, rajin, jujur.. dah itu aja dah sip. jumlahnya disesuaikan lokasinya. minim 1. tapi kalo rame ya 2 deh.
    3. pencucian yg ideal .. hmm,mksdnya yg ngirit kali yak?!hehe.. 1 pelanggan 1 pencucian. pake tombol yg ekonomis..yg skitar 30 menit 1 kali cuci.

    kirim emailnya.. ntar pin nya aku email.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s